Senin, 19 Maret 2012

Grade I - VI....So what....???

Dalam arung jeram kita membagi tingkat kesulitan sungai atau GRADE hingga VI. Penentuan grade ini sangat diperlukan untuk memberikan peringatan awal kepada penggiat arung jeramm ataupun orang awam yg mau melakukan arung jeram. Grade dapat berubah tergantung kondisi debit air, perubahan ini bisa meningkat ataupun menurun. Sebuah jeram yg memiliki grade 3 pada kondisi air normal bisa jadi berubah menjadi grade 4 saat air sungai mengalami kenaikan debit air. Faktor alam juga bisa merubah grde suatu jeram seperti fenomena tanah longsor atau banjir bandang sehingga merubah bentukan sungai yg mempengaruhi komposisi suatu jeram.
Penentuan grade suatu jeram dapat dilihat dari kuatnya arus, komposisi batuan, dan pola bentukan badan sungai. Berikut Penjelasannya :




GRADE I
 Arus sungai relatif tenang, rintangan batuan tidak terlalu banyak, riam tidak membntuk ombak stinggi + 50cm  atau pusaran air (hole). Dengan kondisi seperti ini seungai sangat mudah dilaluli dan tidak membutuhkan dayungan yang kuat.

GRADE II
Arus sungai lumayan deras, bentukan jeram bisa terdiri dari standing wave + 1M atau pula hole / pusaran air yg cukup kuat. Kondisi bebatuan cukup rapat tapi masih mudah untuk dilalui prahu. Ketika anda terjatuh di jeram tersebut masih mudah untuk melakukan penyelamatan.

GRADE III
Arusnya deras, bentukan jeram bisa berupa standing wave dan hole yg besar dan cukup kuat. Kondisi batuan rapat sehingga perlu kecermatan dalam memilih jalur prahu. Bentukan badan sungai pun bisa mempengaruhi apabaila jeram itu berada tepat di belokan. Dibutuhkan manufer yg cepat serta kemampuan self rescue yg baik dari para awak.

Jeram Budiel Progo Bawah


GRADE IV
Pada jeram dengan grade IV ini butuh persiapan dan penanganan yg serius untuk melaluinya. Arus yg sangat kuat dan bentukan jeram yg divariasi dengan standing wave + 2M dan hole. Selain itu dengan banyaknya rintangan atau kelokan maka dibutuhkan manuver yg cepat serta respon yg tepat untuk melewatinya. Pada jeram grade IV resiko prahu terbalik atau awak prahu terjatuh cukup besar. Sangat dianjurkan pada jeram seperti ini di persiapkan back up rescue dari darat dan sebaiknya pengarungan dilakukan lebih dari 2 perahu.

GRADE V
Arusnya sangat kuat, bentukan jeramnya panjang dan tidak beraturan. Hampir seluruh badan sungai brupa jeram. Resiko perahu terbalik sangat besar. Sangat beresiko ketika ada salah satu awak yg jatuh di jeram seperti ini. Tidak dianjurkan untuk pemula. Back Up rescue sudah tidak bisa ditawar lagi. WAJIB ADA

GRDE VI
Sangat dianjurkan untuk tidak dilalui river boat. Bentukan yg sangat sulit dilaluli karena Jeram grade VI bisa berupa air terjun. Namun ada pula yg bisa melewatinya dengan menggunakan kayak, tentunya itu dilakukan oleh orang-orang yg sudah terlatih dan berpengalaman.

Dari penjabaran diatas dapat kita ketahui tingkat bahaya dari arung jeram berdasarkan bentukan fisik jeramnya. Tapi menurut kami menentukan bahaya arung jeram tidak selesai hanya dengan mngetahui kondisi fisik sungai atau jeram. Faktor SDM juga sangat berpengaruh.
Ketika anda mengarungi sungai grade rendah (I-II) bukan berarti faktor safety procedure disepelekan. Semisal karena yg akan diarungi sungai grade I-II kemudian mengesampingkan persiapan koordinasi, peralatan yg dibawa tidak standard, river running system dilupakan dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itulah yg sekarang ini marak terjadi. Bahkan beberapa tahun terakhir ini sering terjadi kecelakaan arung jeram yg berujung pada kematian namun terjadi di jeram yang notabene mudah untuk dilalui.
Bukan masalah berarung jeram di grade I - VI. Safety procedure tetap harus dijalankan. Berlatih dan mengasah ketrampilan tetap perlu dilakukan. Berhati-hati di grade I - III, handal dan bijaksana di grade III-VI. Dengan begitu ketika menghadapi jeram di grade berapapun kita tahu harus bertindak apa.
Mendut Rafting pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisata arung jeram dan pendampingan pendidikan arung jeram. Maka sudah wajib menjadi evaluasi bersama untuk selalu mengutamakan safety procedure agar pengarungan berjalan lancar, aman dan berakhir dengan MENYENANGKAN....

Anda sedang membaca artikel Grade I - VI....So what....??? dan artikel ini url permalinknya adalah http://mendutrafting2010.blogspot.com/2012/03/sungai-grade-1-atu-5-sa.html
Semoga artikel Grade I - VI....So what....??? ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar